Kamis, 02 Juli 2015

Keja sama Online Hotel Budi dan Traveloka.com

Uas Sistem informasi akuntansi
Nespriardi putra kurnia / 13061180 / akuntansi

 Pendahuluan

Hotel Budi adalah Hotel yang cukup ternama di yogyakarta dengan kelas bintang 3 dengan fasilitas yang cukup memadai dibandingkan dengan hotel sekelasnya. Mempunyai 100 kamar yang selalu siap digunakan untuk melayani konsumennya.

Letak yang strategis juga membuat Hotel Budi tetap banyak diminati pengunjung setia pada hari weekend maupun weekday. Harga cukup bersaing dan mempunyai fasilitas menyerupai Hotel bintang 5. Terdapat kolam renang di sisi tengah, dilengkapi restaurant dan sarana hiburan seperti  pap dengan live musik, begitu juga dengan fasilitas kebugaran  seperti  fitnes center, treadmil, sauna, spa & massage dan lain sebagainya. Fasilitas yang disediakan ini cukup ideal untuk memanjakan pengunjung yang berkunjung dan bermalam di hotel ini.

Hotel budi mempunyai  sistem pemasaran off line maupun on line, mereka berdiri eksis sejak tahun 2005 dan pada saat ini Hotel budi ingin melebarkan jaringan  pemasaran dengan bekerjasama dengan media online yang cukup ternama yaitu TRAVELOKA.com dengan memberikan fasilitas tambahan kepada konsumen yaitu sistem pembayaran dengan kartu kredit, dan besar  harapan dapat meningkatnya target penjualan.

Dan disini kami sebagai penulis ingin menjelaskan mengenai alur sistem kerjasama online antara Hotel Budi dan Traveloka yang berfokus kepada penjualan. Materi yang akan kami sajikan adalah :

1.       Struktur organisasi yang terkait didalam penjualan
2.       Dokumen yang digunakan
3.       Catatan akuntansi
4.       Flowchart
5.       Deskripsi mengenai alur penjualan online

1.       Struktur Organisasi Terkait penjualan Online







Deskripsi struktur organisasi terkait

General Manager bertugas sebagai pemberi support sekaligus pengawas terhadap sistem-sistem yang berjalan ddalam kegiatan penjualan online ini
Bag. Penjualan bertugas mengawasi siklus penjualan yan terjadi dan membantu mendampingi front office atau receptionis yang bertugas menjadi central terhadap reservasi yang terjadi
Receptionist bertugas melayani pemesanan/reservasi bail online maupun offline serta membantu bagian akuntasi dalam menerima pembayaran dan melakukanpencatatan kedalam database yang tersedia
Bagian akuntansi bertugas melakukan pencatatan uang masuk dan uang keluar yang terjadi didalam kegitan penjualan ini
Bag IT ( informasi dan teknologi ) bertugas membuat dan merawat sistem online pada kegiatan penjualan ini

1.                               Dokumen yang digunakan

·         Data base sistem reservasi  media pemesanan online
·         Invoice  pengajuan tagihan kepada klien ataupun konsumen ( bila diperlukan )
·         Kwitansi  Bukti pembayaran


Data base sistem reservasi Hotel

§  Halaman pilihan Hotel
 
                            


                              §  Halaman hotel Pilihan



 




§  Halaman pemesanan hotel pilihan






§  Formulir pemesanan Hotel pilihan dan rate harga



 






§  Konfirmasi Hotel pilihan dan rate harga






 






§  Pembayaran online kartu-kredit Hotel pilihan





 







Invoice










Contoh Kwitansi Pada AGODA





                              Voucher Hotel ( kode booking )

               
                              


1.                Catatan Akuntansi yang digunakan

           Contoh catatan akuntansi dalam penerimaan kas




  Flowchart




3.      Deskripsi alur flowchart

             Pengunjung

1.       Pengunjung membuka web. Traveloka.com
2.       Web tersedia di traveloka.com
3.       Pengunjung memilih hotel dari Traveloka.com
4.       Pengunjung menemukan Hotel karena sebelumnya hotel budi sudah mendaftarkan keanggitaannya kepada Traveloka.com
5.       Pengunjung mengisi formulir pemesanan yang ada didalam web tersebut
6.       Kemudian data dari pengunjung dan hotel pilihan diproses
7.       Lalu traveloka memastikan kembali pilihan pengunjung lewat konfirmasi ulang
8.       Apabila sudah sesuai pengunjung dapat melakukan pembayaran dengan mengunakan kartu kredit
9.       Setekah pengunjung melakukan pembayaran
10.   Pihak traveloka akan melakukan konfirmasi kembali terkait pembayaran yang sudah diterima dan memberikan voucher atau kode booking pesanan kepada pengunjung
11.   Konfirmasi pembayaran dan data kode booking juga sekaligus menjadi data pada Bank penerbit kartu kredit dan data kepada hotel budi terkait pembayaran yang akan dilakukan bank penerbit kartu kredit kepada Hotel Budi.
12.   Kode boking dibawa pengunjung,
13.   dan pada waktu yang telah ditentukan, pengunjung dapat langsung datang ke Hotel budi untuk melakukan reservasi ulang dengan menggunakan kode booking pesanan
14.    Hotel budi menerima reservasi dan mengecek kode booking yang telah di berikan oleh traveloka.com
15.   Setelah sesuai Hotel menyiapkan kunci kamar, dan menyerahkannya kepada pengunjung beserta kwitansi pembayaran.

Bank penerbit kartu kredit

1.       Bank penerbit kartu kredit menerima konfirmasi pembayaran dari traveloka.com
2.       Merekapnya menjadi data rekap dan biling tagihan yang ditujukan kepada pengunjung
3.       Data rekap diarsip di bank, dan biling tagihan di kirim kepada pengunjung sekaligus mempersiapkan pembayaran kepada Hotel budi

Hotel dalam menerima sistem pembayaran

1.    Hotel budi menerima pembayaran dari Bank penerbit kartu-kredit dalam waktu yang bersamaan pada saat pengunjung melakukan pembayaran kepada pihak traveloka.com. jaringan ini sudah terkondisi baik antara Bank – Traveloka.com – dan Hotel budi.
2.    Setelah menerima pembayaran Pihak hotel dibantu receptionis merekapnya menjadi data rekap uang masuk didalam database yang sudah tersedia.
3.    Data rekap uang masuk dikirim ke bagian akuntansi, dan bagian akuntansi merekap kembali untuk memastikan pembayar yang masuk adalah dari transaksi yang bersangkutan atau pengunjung hotel budi
4.    Setelah sesuai  data rekap dicatatan ke dalam data penerimaan kas kemudian diarsip di bagian keuangan
5.    Data penerimaan kas juga terarsip didalam file General Manager


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar